Be On Time, please!

Minggu lalu, saya sudah membahas perihal rencana yang harus dituliskan, maka izinkan saya menulis tentang ketepatan waktu pada tulisan kali ini.

Satu hal yang masih menjadi catatan saya dalam membina OSIMA adalah perihal tepat waktu. Semua kita tahu bahwa ketepatan waktu dalam merencanakan sebuah program menjadi begitu penting adanya. Ketika sosialisasi program kerja telah ditentukan kapan akan melaksanakan program A, B, dan seterusnya. Bahkan, pengurus telah membuat kalender kegiatan. Saya disodori kalender tersebut dan menyetujuinya. Saya berpesan agar segala halnya dilaksanakan sesuai rencana awal.
Nyatanya, ketika rencana berubah menjadi suatu kegiatan, proses merealisasikannya tidak semudah yang dikira. Mereka harus membuat proposal, mengajukan dana, meminta tanda tangan beberapa orang. Nah, di sinilah letak di mana mereka menjadi kurang disiplin. Memang, program dilaksanakan sesuai rencana, tetapi tahap perencanaan yang panjang kurang diperhatikan. Mereka menyepelekan hal ini dan menjalankannya ogah-ogahan.
Bila seperti itu, tentu saja dampaknya akan panjang. Saya menjadi bulan-bulanan bendahara, ketua, dan lainnya. Baiklah, saya memang bertanggung jawab atas semua program, tetapi tentu saya juga ingin menjadikan OSIMA sebagai media belajar. Salah satunya belajar tepat waktu. Tepat waktu sejak perencanaan sampai pelaksanaan. Bahkan, sampai evaluasi.
Hal semacam ini berkali-kali saya sampaikan ke pengurus. Semoga pengurus menyadari kekurangannya dan dapat memperbaikinya di masa mendatang. So, be on time in everything you plan!

Komentar