Don't Forget Your Afterworld Dream

Ada banyak cara mengawali awal hari di bulan pertama tahun 2019. Ada yang menghabiskannya dengan meniup terompet merayakan pergantian tahun, ada yang melakukan muhasabah, mereningkan perjalanan hidup sampao hari ini. Ada pula yang mengisinya dengan berkumpul bersama keluarga, merencanakan agenda selama satu tahun ke depan. Ada yang membuat daftar impian dan berbagai bentuk aktivitas lainnya. Yang manjadi garis bawah adalah hendaknya memulai hari dengan hal-hal yang baik. Tahajud misalnya. Salat Subuh berjamaah di masjid contohnya. Membaca satu juz Alquran atau membaca buku yang bermanfaat.
.
Saya sendiri lebih senang memulai hari dengan Tahajud, Subuh berjamaah, dan  mengaji Alquran. Target-target juga dituliskan di buku catatan. Tidak hanya target dunia seperti kuliah S3, bekerja di instansi pemerintah, penghasilan sekian rupiah saja, tetapi ada pula target-target akhirat yang sesungguhnya harus lebih kita ingat dan catat dengan teliti dan cermat. Target tilawah satu juz per hari, mengikuti kajian keislaman minimal satu minggu sekali, mendengar kajian akidah di youtube, bersedekah 10.000 per minggu, dan lain-lain.
.
Menulis impian-impian sah-sah saja selama diiringi dengan kesungguhan dalam mewujudkannya dan doa yang tiada putus kepada Sang Pencipta agar dimudahkan jalan untuk menggapainya. Kadang kita terlalu membuat target yang muluk-muluk, tak tahu kapasitas diri. Lantas ketika gagal kita menyalahkan orang lain, bahkan nauzubillah sampai menyalahkan Allah. Semoga kita tidak menjadi salah satunya.
.
Mari membuat target yang rasional. Membuat target yang ada kemungkinan besar dapat diwujudkan. Tidak perlu langsung besar, sebab ingatlah bahwa perubahan besar dimulai dari perubahan kecil yang terus menerus dilakukan setiap hari. Konsistensi menjadi kunci penting dalam mencapai harapan. Kita terkadang terlewat semangat untuk memulai, tetapi abai untuk melanjutkan kembali serta menuntaskan apa yang telah dimulai.
.
Kita membuat rencana dan berharap rencana kita sejalan dengan takdir-Nya. Bukan sebaliknya. Semoga segala harapan dan cita-cita tercapai di tahun ini dengan rida-Nya.
#writing #1 of #365 #01012019 #latepost

Komentar