Knowing Your Position in The Committee

Senin kembali hadir menyapa. Mengajak diriku yang masih berada di balik selimut menggeliat dan bangun dengan segera. Membangunkan santri menjadi rutinitas setiap hari. Tak perlu disesali, lebih baik disyukuri.

Melangkah dengan mantap menengadahkan tangan kepada Ilahi. Bermohon kebaikan senantiasa bertakhta dalam diri, juga keluarga yang amat dicintai.
Seminggu lagi akan diselenggarakan ujian akhir mahad (UAM) yang dikhususkan untuk santri kelas XII. Saya mendapat amanah mengomandani panitia kali ini. Saya mulai dengan membuat grup whatsapp. Memberikan beberapa perintah yang bersifat umum dan teknis. Memastikan segala hal terkait UAM kali ini bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Saya lebih sering dipimpin. Tetapi, bukankah menjadi pimpinan adalab tugas setiap diri. Setidaknya untuk diri kita sendiri. Maka, ketika memimpin suatu kelompok, saya mencoba memberikan kepercayaan kepada setiap orang yang dipimpin. Saya berikan tanggung jawab seputar administrasi kepada sekretaris dan tanggung jawab mengelola keuangan kepada bendahara. Satu waktu kita bekerja bersama seperti ketika memasukkan lembar jawaban, lembar soal, dan daftar hadir ke dalam amplop. Kita berdiskusi tentang segala masalah yang muncul dan mengantisipasi segala hal yang bisa saja terjadi di dalam kepanitiaan ini.
Dalam kepanitiaan, kita harus pintar menempatkan diri. Kapan kita menjalankan tugas secara mandiri, kapan kita harus membantu bagian lainnya. Selesaikan tanggung jawab yang dibebankan terlebih dahulu, ketika sudah selesai Anda boleh membantu bagian yang lain. Jangan abaikan tugas Anda demi menyelesaikan tugas bagian lain yang nanti akan berakibat pada terbengkalainya banyak hal dalam bagian yang Anda pegang.
Perlu pula kita beri deadline agar tugas yang diamahkan dapat selesai tepat waktu. Lalu, berikan prioritas lebih pada kepanitiaan yang sedang dijalani. Atasanmu tak pernah suka pada orang yang menomorduakan kepanitiaan ketika Anda sedang dibutuhkan. Perlu kerja keras untuk menjadi profesionalitas. Semua butuh proses yang tidak sebentar. Rencanakan, tuliskan, jalankan, lantas evaluasilah. Begitulah cara kerja kepanitiaan agar segala halnya berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Komentar