Memperbanyak Koleksi Buku Berbahasa Asing

Beberapa waktu terakhir, saya suka membaca buku-buku berbahasa asing. Entah itu bahasa Arab, bahkan lebih banyak yang berbahasa Inggris. Ada yang saya beli lewat toko daring seperti buku "What Are You Doing With Your Life?" karya J. Krishnamurti atau majalah Forum dan Aramcoworld yang saya pesan gratis melalui web. Baru-baru ini kiriman yang satmya tunggu-tunggu sejak dua bulan lalu akhirnya sampai juga. 10 judul buku gratis seputar Islam berbahasa Inggris dari Turki. Mengapa saya mengoleksinya?

Alasan mendasar bagi saya adalah bahwa mempelajari bahasa harus menyenangkan. Bagi saya membaca itu menyenangkan. Jadi, saya belajar bahasa Inggris dan bahasa Arab atau bahasa lainnya melalui bacaan. Saya membaca web-web berbahasa Arab beberapa waktu. Tentang apa pun. Mayoritas tema yang saya baca seputar pendidikan, sejarah, atau dunia secara global.
Dari bacaan yang saya anggap "lebih mendunia" ini, saya mendapat banyak pandangan baru. Banyak hal-hal di dunia yang berkembang dengan cepat. Ekonomi global, teknologi, inovasi pendidikan, pengajaran, dan lain-lain. Hal-hal semacam itu sangat perlu untuk menambah wawasan di tengah percaturan dunia global yang semakin menggurita setiap harinya.
Maka, saran saya mulailah menjelajah dunia yang begitu luas. Bagi yang punya dana berlebih dan bisa bepergian, kunjungi berbagai negara yang kamu mau. Temui banyak orang dengan berbagai latar belakang. Lalu, tuangkan pengalamanmu melalui media sosial, blog, atau buku. Bagi kamu yang punya akses ke dunia internasional, tak salah jika kamu mencoba berbagai kesempatan untuk berkarir di sana. Misalnya menjadi tour guide, guide haji umroh, atau bekerja di KBRI. Mungkin juga kamu bisa mencoba mengikuti seleksi beasiswa untuk melanjutkan pendidikanmu di luar negeri.
"Spreading your reading, spreading your world knowing"

Komentar