Mulai Membiasakan Membaca Buku

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya seputar membaca buku. Saya mulai senang dengan buku sejak bersekolah MI (tingkat dasar). Yang saya ingat, ketika studi tour ke Malang dan mampir di Matos, saya menyempatkan diri membeli Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Sampai di rumah, saya sampul dengan rapi lalu saya baca berhari-hari setelahnya.

Saya mulai suka mengoleksi banyak buku. Mulai buku karya Andrea Hirata, Tere Liye, Habiburrahman El Shirazy, dan Ahmad Fuadi. Hampir kesemuanya adalah novel. Memasuki Madrasah Aliyah, saya mulai membaca buku-buku seputar pemikiran, sejarah, pendidikan. Buku-buku semacam itu terus saya baca sampai masa kuliah dan pasca kuliah.

Membiasakan membaca memang bukan satu hal yang mudah. Perlu usaha ekstra dan konsistensi yang luar biasa serta tekad dari dalam diri untuk melakukannya. Dengan membaca, cakupan ilmu kita semakin luas. Pandangan kita akan terbuka. Akhirnya, kita menjadi orang yang tidak mudah menilai seseorang hanya melihat dari penampilan saja misalnya. Kita menjadi lebih bijak dalam menjalani hidup dan mengambil sikap.

Dua tahun terakhir, saya mulai suka menulis. Satu paket keterampilan pendamping membaca. Semakin banyak yang dibaca, semakin banyak inspirasi untuk menulis. Saya ikut komunitas Indonesia Gemar Membaca. Saya harus membaca 10 halaman per hari dan wajib lapor di grup daring. Kebiasaan ini memaksa saya untuk membaca. Meski berat di awal, saya merasakan perubahan luar biasa sedikit demi sedikit.

Saya membaca apa saja. Buku berbagai genre saya baca. Bagi saya semua buku itu seru. Selama kita memiliki dasar yang kuat (keimanan dan nilai-nilai dasar), saya kira membaca buku jenis apa pun tidak menjadi soal.

Kini, saya membiasakan membaca 20 halaman per hari. Saya buat daftar cek. Saya mencatat hal-hal menarik dari yang saya baca, seperti kutipan, ungkapan inspiratif, dan sebagainya. Saya pun mulai menulis ulasan buku setelah membacanya. Satu hari tidak membaca buku, rasanya ada yang kurang.

Begitulah pengalaman saya seputar membaca. Lain kesempatan akan saya share perihal yang berkaitan dengan buku (kepenulisan, pemasaran, dan sebagainya) insyaAllah

#day09 of #365 #09012019 #latepost #rabubincangliterasi

Komentar