Terus Merajut Cinta

Tepat dua hari lalu, Kamis, 6 Muharram 1441 H, saya telah menjalani pernikahan selama setahun, versi kalender hijriyah. Telah banyak lika-liku kehidupan yang dialami dari hari ke hari. Kini tiba saatnya mengevaluasi dan merencanakan kembali apa yang akan diperbuat untuk hari esok.

Menjalani biduk rumah tangga adalah sebuah upaya untuk terus merajut cinta sepanjang waktu. Dalam Islam, pernikahan adalah ibadah terlama sebab dijalani seseorang sepanjang hidup hingga ajal menjemput. Maka, tentu saja bekal dalam menjalani pernikahan harus cukup, kalau bisa lebih. Pernikahan tentu tak hanya dihiasi hal-hal yang berjalan sesuai rencana awal, terkadang ada onak dan duri di tengah jalan yang harus disikapi secara positif dan dewasa agar cinta terus tumbuh subur di dalam jiwa.

Mari bersama menilik kembali apa-apa yang belum tercapai dalam berumah tangga, terutama target-target ukhrowi yang seharusnya menjadi fokus utama dibandingkan hal lain. Jangan sampai target ukhrowi terkalahkan oleh target keduniaan yang semu dan fana. Seimbanglah dalam mengusahakan keduanya. Berikan porsi yang cukup untuk keduanya agar tak berat sebelah.

Lantas, rencanakan ulang apa yang akan dilaksanakan selama setahun mendatang. Bila perlu direncanakan juga untuk tahun-tahun berikutnya. Tulislah dalam buku agenda rumah tangga. Pastikan setiap anggota keluarga saling mengingatkan dalam mrnggapai cita-cita tersebut.

Bila terjadi masalah, bicarakan baik-baik dengan pasangan. Ajak duduk bersama dengan kepala dingin, cari waktu yang tepat untuk berdiskusi. Bersamalah tak hanya dalam menikmati anugerah, tetapi juga dalam bersabar dalam cobaan yang menimpa. Saya yakin, dengan kebersamaan tersebut, kuncup-kuncup cinta akan semakin mekar dan berbunga dengan begitu indahnya.

Semoga kita senantiasa diberi kekuatan untuk terus menjaga pernikahan ini sampai akhir hayat. Mari terus menasihati dalam kebaikan dan kesabaran.

© Muhammad Amin
7 September 2019 07:33

#selfreminder #pernikahan #UALoveJourney #6Muharram1440H #6Muharram1441H #annual #nasihat #islam #latepost

Komentar