Selasa, 10 Desember 2019

Perjalanan Meraih Mimpi

Apakah mimpi setiap orang dapat dicapai? Mengapa di antara mereka banyak yang mengubur impiannya? Mengapa hanya sedikit yang benar-benar merealisasikan mimpinya? Buku Paulo Coelho yang satu ini mencoba menjawab kegundahan tersebut.

Aktor utama dalan novel yang tidak terlalu tebal ini adalah seorang bocah bernama Santiago. Ia adalah seorang gembala di Andalusia. Setiap jengkalnya ia tahu. Ia akan meneruskan pengembaraannya untuk mencari harta di Mesir.

Dalam perjalanan yang sesungguhnya penuh pesan spiritual, ia terkadang bingung sendiri, mengapa orang berbicara dengan bahasa yang ia sama sekali tak mengerti sebelum akhirnya ia paham bahwa ada satu bahasa yang dipahami semua orang dan makhluk di dunia ini.

Setting tempat mengambil Andalusia dan gurun pasir, selain itu juga ada pertemuannya dengan pedagang kristal, bekerja padanya sekian lama, orang Inggris dalam berkelana, seorang wanita yang akan senantiasa ia rindu, juga dengan Alkemis yang menuntunnya mencapai mimpi yang ia idam-idamkan.

Pesan-pesan spiritual terselip sepanjang perjalanan meraih mimpi. Dalam novel ini diajarkan bahwa hendaknya kita mengikuti kata hati yang sesungguhnya ia pun terus bergejolak sepanjang waktu. Pergumulan diri dengan jiwa buana - istilah untuk hati yang jernih dan paripurna - membuat segala halnya menjadi mungkin.

Pembelajaran penting dari novel ini bahwa segala sesuatu itu mungkin bila kita meyakini sepenuh hati disertai dengan usaha-usaha nyata. Bisa jadi, mimpi-mimpi itu ada di sekitar kita, tetapi kita diminta untuk berkelana jauh, menjelajahi berbagai rupa suasana dan tempat sebelum akhirnya sampai pada mimpi tersebut. Inilah sesungguhnya ujian bagi seorang pemimpi sejati. Ia tak patah semangat sebelum impiannya benar-benar terwujud.

Buku ini cocok dibaca bagi mereka yang ingin memahami lebih mendalam sisi spiritual dari agama samawi yang mungkin bagi sebagian orang terdengar mustahil. Mari menyelami lautan pembelajaran spiritual yang kaya dalam novel ini.

#ulasanbuku #09122019 #reviewbuku

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar