Terus Mencoba

Hari ini, saya kembali disibukkan dengan instalasi scan untuk cek log di kantor Mahad. Mesin scan ini berbeda dengan mesin scan yang pernah saya setup sebelumnya. Selain karena tipe dan ragam yang berbeda, file master instalasinya pun hilang bersama kotak dan segala macam yang ada di dalamnya. Hal inilah yang membuat saya sedikit kebingungan ketika mencoba menginstal mesin ke komputer yang baru saja saya instal ulang.
Beruntung beberapa video youtube yang saya tonton sedikit membantu instalasi. Selain itu, saya juga bisa mendapatkan file master setup, nomor serial, dan kode aktivasi dari tukang pasang instalasi sebelumnya. Saya kira saya sudah memiliki seluruh peralatan yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi dan melakukan konfigurasi singkat. Saya menentukan waktu yang tepat untuk melakukannya.
Setelah mendapatkan waktu yang pas, saya memulai kembali proses instalasi setup seperti yang pernah saya lakukan. Sayang sekali, setelah melakukan restart, tidak terjadi seperti yang saya pikirkan dan seperti apa yang dijelaskan di youtube. Saya gusar dan melakukan uninstal dan instal hingga beberapa kali. Karena waktu sudah menjelang Magrib, saya sudahi pekerjaan instalasi dan saya berjanji akan mencoba menginstal aplikasi pada komputer yang berbeda.
Selepas salat Isya dan makan malam, saya melanjutkan menginstal aplikasi pada komputer yang berbeda. Setelah komputer restart, ekspektasi saya berubah menjadi nyata. Jendela wizard yang saya tunggu akhirnya nongol juga. Langsung saja saya masukkan nomor serial dan kode aktivasi, semua berjalan sebagaimana mestinya. Instalasi selesai.
Lantas, masalah lain datang, kabel USB sudah terpasang, mesin sudah terbaca di aplikasi, tetapi saya kesulitan mengunduh data scan untuk keperluan penggajian bulanan. Saya otak-atik, saya cabut dan pasang kembali kabel USB dari komputer dan mesin scan. Tetapi hasilnya nihil. Sempat berpikir untuk mencoba memakai LAN, tetapi saya kesusahan mendapatkan kabel LAN. Akhirnya, saya biarkan saja masalah itu. Saya perlu mendiskusikan masalah ini dengan yang lebih paham.
Keesokan harinya, saya bertanya kepada Mas Roni, pegawai PUSKOM yang kebetulan sedang sibuk mengurusi pendaftaran peserta didik baru di sekolah. Ia menyarankan untuk menggunakan kabel LAN dan men-setting IP internet secara manual sekaligus ditambahkan IP mesin scan. Baiklah, saya akan mencobanya pada sore hari. Sore hari, saya buka komputer tempat aplikasi scan saya instal, ternyata semua yang saya pikirkan sudah dilakukan oleh Ustaz Chandra. Saya berterima kasih akan hal tersebut.
Begitulah kehidupan. Masalah akan datang silih berganti. Sikap kitalah yang akan menentukan hasil akhirnya. Bila kita terus mencoba dan tidak menyerah insyaAllah akan ada hasil indah di akhir. Sebaliknya, tatkala kita berhenti mencoba dan berusaha, saat itulah kita kalah. Semoga semangat mencoba hal-hal baru dan belajar senantiasa ada dalam diri kita masing-masing.
@30haribercerita #30haribercerita #30hbc2013 #13012020 #day13 of #366 #latepost

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)