Senin, 27 April 2020

Kegiatan Produktif Selama Ramadan #dirumahaja (1)

Tak terasa sudah puasa hari keempat ya. Alhamdulillah. Semoga kita senantiasa sehat dan mampu menyelesaikan puasa sampai paripurna.

Siapa nih yang udah bosan untuk #dirumahaja? Hayo ngaku. Bawannya pengen keluar, jalan-jalan, belanja untuk lebaran, dan lain sebagainya. Tenang, kamu gak sendirian. Banyak kok yang dilanda kebosanan tingkat akut.

Kali ini aku mau berbagi beberapa kegiatan produktif selama Ramadan #dirumahaja. Barang kali teman-teman ada yang mau mencoba dan mengikutinya. Silakan saja. Malah, saya bersyukur dan senang.

Pertama, mengkhatamkan Alquran. Sepertinya ini sudah mainstream ya. Tetapi bagaimana kalau mengkhatamkan Alquran bersama-sama dengan 30 anggota dalam suatu grup. Kamu bisa bergabung dengan komunitas #onedayonejuz. Semoga khataman Alqurannya bisa berpanjut di luar Ramadan ya.

Kedua, mengikuti kajian keislaman dan keilmuan daring. Di masa pandemi seperti sekarang ini, berseliweran berbagai diskusi daring yang menarik. Pematerinya mulai kelas profesor sampai siswa. Materinya pun beragam, mulai kesehatan, keilmuan, politik, keislaman, literasi, dan sebagainya. Pilih yang sesuai minatmu ya. Semoga bisa semakin membuat Ramadanmu berwarna dan bermakna.

Ketiga, membuat tantangan. Hidup tanpa tantangan sepertinya kurang seru. Tantang dirimu dengan hal yang menyenangkan atau hal yang baru. Misalnya menulis kata mutiara selama sebulan penuh. Bila terlewat sehari harus bersedekah 5.000 rupiah dan wajib menulis dua kata mutiara di hari selanjutnya. Kamu bisa membuat tantangan yang lain. Berusalah untuk disiplin agar tidak kena hukuman yang dibuat oleh kamu sendiri.

Segitu dulu deh kegiatan produktifnya. Lain kali aku sambung. Selamat menjalankan ibadah puasa.

@muhamin25 #Ramadan1441H #Ramadanday04 #onedayonepage #27042020

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar