Minggu, 13 September 2020

Diajak Jalan-jalan Berangkat, eh Diajak Pengajian Malah Melipir, Alergi Ya?


Hayo, ngaku siapa di antara kamu yang seperti judul di atas? Gimana kira-kira perasaanmu? Senang? Biasa aja? Tersindir? Sadar?

Pelan-pelan aja memahaminya. Aku punya beberapa teman yang kalau diajak berbuat yang manfaat, tapi agak berat dikit, dia langsung ngacir atau melipir. Eh, giliran diajak senang-senang aja dia hadir sebelum yang lain. Gimana tuh?

Sebenarnya sih sah-sah aja ya kalau pas diajak senang-senang, seorang teman merespon positif. Alangkah lebih baiknya bila hal tersebut diimbangi ketika diajak berbuat hal positif lain yang membutuhkan usaha lebih. Misalnya diajak mengajar anak-anak di pelosok desa, bersedekah mingguan, ikut seminar motivasi.

Udah mulai nangkap maksudnya? Masih belum? Gini deh. Coba kita berpikir lebih jauh tentang untuk apa kita diciptakan oleh Allah di atas dunia ini. Berdasarkan Al-Qur'an, Allah berfirman bahwa hamba diminta untuk beribadah kepada Allah. Bentuk ibadah tidak hanya yang fardu dan vertikal, tetapi juga yang sunnah, mubah, dan horizontal.

Nah, bersenang-senang kan mubah, asal jangan berlebihan ya. Coba deh kita jangan jadi orang yang kalau diajak have fun langsung berangkat, eh giliran diajak belajar, sedekah, bantu orang susahnya minta ampun. Udah kayak alergi dengan berbuat kebaikan yang butuh usaha lebih.

Barang kali fisik sehat, uang ada, kesempatan ada, tetapi kemauan dalam diri yang belum kuat. Tidak sekuat ketika diajak yang have fun. Hendaknya keduanya bisa sama-sama kuat semangatnya. Beberapa dari mereka mungkin berujar, "kak, tapi kegiatannya cepat buat bosan, aku tuh gak betah, gimana dong?".

Ini jadi koreksi bersama sebenarnya. Bahwa bagi pendakwah, generasi zaman sekarang lebih senang diajak melakukan sesuatu yang ringan dan simpel. Mereka gak mau ribet-ribet. Barang kali keberadaan fund raising seperti kitabisa.com dan semacamnya sangat membantu bila ingin mengadakan donasi. Pengajian juga bisa diselingi dengan penampilan lagu bernuansa islami atau stand up comedy yang isinya juga dakwah. Hal ini tentu menarik.

Namun, hal-hal tersebut barulah awal. Hendaknya bisa ditingkatkan ke arah yang lebih tinggi dengan benar-benar mendalami Islam secara menyeluruh. Mengaji kepada ustaz yang sanad keilmuannya jelas dan bicaranya santun serta dapat dipercaya. Sedekah dibarengi dengan amal nyata membantu masyarakat sekitar semampu kita.

Saya yakin dengan begitu, perlahan alergi terhadap hal positif yang dikesankan berat untuk dilaksanakan menjadi ringan pada akhirnya.

#alergi #1minggu1cerita #1m1c #menulis #13092020 #minggu37

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. :)

Podcast Sang Pembelajar