Nuzulul Qur'an

Posting Komentar


Allah telah menurunkan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan agar manusia menggunakannya sebagai hujjah. Kaum muslimin diwajibkan untuk mampu membaca Al-Qur’an lalu dihafal, dipelajari dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah wasiat Nabi Muhammad kepada kita sebagai umatnya :
1. Bentengi hartamu dengan membayar zakat
Jadi, untuk membentengi harta supaya harta itu menjadi berkah, maka harta tersebut wajib dizakati. Karena dengan zakat, Insyaallah Allah SWT akan menjaga harta itu tetap berkah dengan rahmat-Nya.
2. Sembuhkan penyakit diantara kita dengan sedekah.
So, kalo ada diantara kita yang menderita suatu penyakit, maka dianjurkan sekali agar orang yang sakit tersebut untuk bersedekah kepada orang yang tidak mampu.


3. Hadapi berbagai cobaan dengan do’a dan mendekatkan diri kepada Allah SWT
Jika ada diantara kita mendapatkan suatu musibah dari Yang Maha Kuasa, maka diharapkan orang tersebut bersabar atas apa yang menimpanya seraya berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena sesungguhnya dengan adanya musibah tersebut Allah ingin menguji seberapa kuat iman hamba-hamba-Nya. Apakah hamba-Nya akan melupakannya atau sebaliknya, hamba Allah tersebut akan semakin dekat dengan Sang Ilahi Rabbi.
Resep meraih kesuksesan :
1. Jagalah sholat 5 waktu pada awal waktu ditambah Qobliyah dan Ba’diyah. Sholat 5 waktu diumpamakan sebuah badan burung. Sedangkan sholat Qobliyah dan Ba’diyah seumpama sayap dari badan burung tersebut. Sehingga bila keduanya digabungkan maka untuk mencapai sebuah tujuan maka akan lebih mudah. Sholat Qobliyah Ba’diyah itu menjadi pagar bagi sholat yang fardhu. Maksudnya Sholat Qobliyah Ba’diyah akan menutupi kekurangan dari sholat yang Fardhu.
2. Belajarlah untuk selalu bangun malam untuk bermunajat kepada Sang Ilahi Rabbi (bertahajud)
Mengapa tahajud menjadi jalan untuk meraih sebuah kesuksesan. Karena sesungguhnya pada sepertiga malam yang terakhir Allah menurunkan rahmat-Nya dan berjanji akan mengabulkan permintaan hamba-Nya yang meminta pada sepertiga malam terakhir tersebut. Maka, jika kita ingin rahmat Allah sampai pada kita serta do’a yang kita panjatkan senantiasa diijabahi oleh Allah maka kita harus melaksanakan sholat tahajud setiap hari.
3. Awali aktivitas sehari-harimu dengan sholat Dhuha
Biasakan untuk melaksanakan sholat Dhuha setiap harinya dengan jum;ah raka’at minimal 4 raka’at. Dengan sholat Dhuha, kita memohon kepada Allah SWT supaya urusan kita dimudahkan oleh Allah SWT serta mendapat berkah.
4. Perbanyak dalam membaca Al-Qur’an dan berdzikir
Baca Qur’an tiap hari dapat menentramkan hati kita. Begitu juga dengan berdzikir kepada Allah SWT. Biasakan untuk membaca asmaul husna sebelum membaca Qur’an dan berdzikir supaya berkah Allah turun kepada kita.
5. Perbanyak dalam berpuasa sunnah dan bersedekah
Sedekah dan puasa sunnah dapat membantu dalam mewujudkan cita-cita yang ingin kita capai. Maka dari itu jangan sia-siakan puasa sunnah dan bersedekah kepada orang yang tidak mampu.

Untuk menjaga semangat kita agar tetap berkobar dan membaja  di hati maka kita harus berpikir jangka panjang  karena dengan berpikir jangka panjang, maka semangat kita akan selalu membara. Karena kalau kita tidak berpikir jangka panjang, maka akibatnya akan kita rasakan di akhir hayat kita nanti. Selain itu, kita juga harus pintar-pintar mengatur waktu kita dengan sebaik-baiknya. Karena dengan managemen waktu yang baik, Insyaallah kita dapat menggunakan waktu yang diberikan Yang Kuasa dengan baik. Semoga kita menjadi khalifah yang terbaik di muka bumi ini.  

Intisari dari ceramah Ustadz Abdul Aziz (PPPA, Daarul Qur’an Nusantara) dalam acara Nuzulul Qur’an, 17 Ramadhan 1431 H/28 Agustus 2010 di masjid Al-Falah dengan tema “Gak ada Al-Qur’an, gak ada pedoman orang beriman”

MUHAMMAD AMIN

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email