GENERASI ULUL ALBAB

Posting Komentar

       Alhamdulillah, aku masuk dalam salah satu kampus islam ternama yang meski usianya belum sedasawarsa tetapi sudah mampu melejitkan prestasinya di level nasional maupun internasional. Universitasku memiliki julukan sebagai pembeda dengan kampus lain yaitu kampus ulul albab. Awalnya aku bertanya, apa sih makna ulul albab?
       Di semester pertama, aku mendapatkan matakuliah Tarbiyah Ulul Albab yang isinya kurang lebih menjelaskan sejarah, visi, misi universitas islam ini dan tak lupa pula dengan penjelasan ulul albab. Karena kampus ini menginginkan segenap civitas akademikanya mampu mengimplementasikan apa yang sudah tertulis di dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, yaitu menjadi generasi ulul albab.
       Ulul Albab kurang lebih berarti generasi cerdas dalam berbagai hal, ilmu pengetahuan luas, spiritual yang tinggi, profesionalitas dalam berkarya, serta ditopang dengan akhlaq mulia. Kesemuanya itu menjadi 4 pilar utama kampus islamku. Sebagai generasi ulul albab, kita sebagai seorang muslim harus dengan sungguh-sungguh mencari ilmu sebanyak-banyaknya, tentunya yang sesuai dengan passion atau bagian yang kita tertarik di dalamnya. Sehingga dengan begitu akan melahirkan sebuah keprofesionalan dalam bidang yan kita tekuni. Berbekal itu semua tak cukup. Masih harus ditambah dengan akhlaq mulia yang menghiasi diri ini. Ditambah lagi dengan spiritual yang tinggi dan mendalam yang tercermin dalam perilaku ibadah kita sehari-hari seperti sholat, puasa, berbuat baik, menolong orang lain, dsb.
       Menjadi generasi ulul albab akan membawa dampak baik di masa kini dan juga akan datang. Di masa modern sekarang ini yang ilmu pengetahuan semakin berkembang, kita sebagai generasi muslim tidak boleh tinggal diam dan tidak mau bergerak mengejar ketertinggalan. Sudah waktunya kita tunjukkan kepada dunia bahwa umat islam bisa bersatu. Untuk menciptakan itu semua, maka miliu harus dibentuk sedemikian rupa agar semua orang bisa mengembangkan keilmuan, mempelajarinya dengan mendalam, yang tentu didasari dengan keimanan yang kokoh demi tegaknya agama Allah di atas muka bumi ini.


HIDUP GENERASI ULUL ALBAB. 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email