ISLAM AGAMA RAHMATAN LIL ‘AALAMIIN

Posting Komentar
73. dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat Tuhan mereka, mereka tidaklah menghadapinya sebagai orang- orang yang tuli dan buta.
Manusia banyak yang bila diberi peringatan dengan ayat Allah maka mereka seakan-akan buta dan tuli dengan hal itu.
Valentine hanya satu hari, dalam Islam, kasih sayang antar sesama manusia diaplikasikan dalam hal-hal dan ritual yang lebih dalam maknanya. Seperti zakat, sedekah, dsb. Kalau hanya lewat valentine, kita lihat dari tahun ke tahun, maka hasilnya atau akhirnya rata-rata adalah kemaksiatan. Rasul memberitakan melalui haditsnya yaitu “Tidak dikatakan mukmin salah seorang di antara kamu sehingga ia mencintai saudaranya dengan apa-apa yang ia cintai”. Wujud kesetiakawanan dengan sesama muslim akan terjadi bila antara muslim satu dengan muslim lainnya itu saling peduli. Karena sabda Rasul, “Barangsiapa yang tidak mementingkan perkara orang muslim, maka ia tidak termasuk golongan muslim”.

Dalam valentine, kita seakan menyerupai orang kafir dalam mengaplikasikan rasa kasih sayang, padahal Rasul bersabda, “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk di dalamnya”. Islam datang membawa dan menciptakan ajaran suasana kebaikan dan keselamatan. Islam mengajarkan untuk peduli dengan sesama sebagaimana yang tercantum dalam surat Al-Baqarah : 177

177. bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.

Kembali pada valentine, hendaknya kita sebagai seorang muslim harus benar-benar tahu alasan atau dalil dalam melaksanakan suatu hal apalagi yang berhubungan dengan syari’at agama Islam.


36. dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

MUHAMMAD AMIN

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email