Mahasiswa Kok Gak Bisa Buat Makalah

Posting Komentar

       Beberapa waktu lalu, aku ditanya oleh ayahku yang saat itu sedang mengoreksi makalah mahasiswa TI AKN Bojonegoro. Anehnya, banyak sekali mahasiswa yang mengalami kesalahan, baik itu kesalahan yang kecil sampai kesalahan yang kadang begitu fatal. Entah apa alasannya, sekilas aku lihat mereka banyak melakukan kesalahan mulai membuat sampul makalah, berlanjut pada kata pengantar yang banyak menjiplak yang sampai-sampai mereka lupa untuk mengedit matakuliah dan dosennya. Kesalahan di dalam penulisan makalah selanjutnya adalah penulisan bahasa arab, ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi yang hampir tidak ada yang benar.
       Sungguh miris memang melihat mahasiswa Teknik Informatika yang notabenenya lebih tahu dan lebih pintar masalah komputer, seharusnya lebih bisa dalam hal membuat makalah. Tetapi, yang terjadi adalah sebaliknya. Hal ini kadang bisa dimaklumi karena mahasiswa ayahku berada di bojonegoro yang tentu kualitas mahasiswanya tdak bisa disamakan dengan kualitas mahasiswa yang belajar di universitas-universitas ternama semacam UI ataupun UIN. Di universitas tersebut tampaknya dosen tidak mewajibkan model atau format yang sama dalam pembuatan makalah bagi tiap mahasiswanya, sehingga kesalahan seringkali tak terhindarkan. Aku sempat ngomong ke ayahku kenapa tidak diberi semacam sebuah format atau standar dalam pembuatan makalah.
       Tapi, yang terpenting dari hal-hal di atas adalah bahwa kualitas pendidikan di negeri ini tak bisa semuanya dikatakan maju. Masih ada beberapa lini yang harus diperbaiki bersama-sama demi terwujudnya model pendidikan nasional yang berkualitas tinggi.


Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email