Mari Sambung Silaturrahim

Posting Komentar
       Tadi malam, ada 2 orang tamu yang datang berkunjung ke rumah. Mereka berdua adalah kawan ayahku. Terlihat dari wajahnya, usianya tak muda lagi. Kesemuanya bercerita kesana-kemari. Tak jarang terdengar gelak tawa yang cukup keras dari ruang tamu karena memang kamar tidurku tepat di sebelah ruang tamu. Tiba-tiba saja, terbersit dalam hati untuk menulis mengenai silaturrahim. 
       Islam mengajarkan umatnya untuk saling menjaga ukhuwah islamiyah. Salah satu jalannya adalah dengan silaturrahim. Yang sering membingungkan kita adalah kadang kita mendengar dua istilah yang mirip. Yaitu, istilah silaturrahmi dan silaturrahim. Tapi, menurutku, yang lebih tepat digunakan adalah silaturrahim. 
       Silaturrahim dianjurkan karena memang memiliki banyak faedah. Kita lihat bila silaturrahim telah dilaksanakan oleh semua orang Islam di dunia ini, maka akan tentramlah kehidupan ini. Selain itu, manfaat lainnya adalah silaturrahim dapat memanjangkan umur kita sebagaimana yang banyak kita temui di hadits Rasul dan kitab-kitab hadits. 
       Efek lain dari silaturrahim adalah adanya rasa simpati dari satu orang kepada orang lainnya. Karena sesungguhnya orang muslim dengan saudaranya itu bagaikan satu bangunan, bila salah satu sakit, maka yang lainnya pun akan merasakan hal yang sama. Dengan memperbanyak silaturrahim, tentu kita memperluas relasi yang akan sangat berguna di masa depan. Karena bisa jadi, karena kita kenal dengan banyak orang, hal itu akan membawa kesuksesan di masa yang akan datang. 
       Tetapi, bila kita memutus silaturrahim, maka ia juga tidak termasuk dalam golongan umat Rasulullah. Oleh karena itu, sering-seinglah berkunjung dan menyambung silaturrahim dengan saudara-saudara kita sesama muslim karena sesama muslim adalah saudara. 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email