Pidato Wisudawan Terbaik S1 UIN Maliki Malang Oktober 2016

Posting Komentar
      Berikut adalah pidato wisudawan terbaik pada wisuda sarjana, magister dan doktor pada 22 Oktober 2016 lalu. Semoga bermanfaat. 


Honorable, Rector of Maulana Malik Ibrahim, State Islamic University Malang, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si.
Honorable, A Chief and member of Senate Maulana Malik Ibrahim, State Islamic University Malang
Respectable, dean of faculties, lecturers and official employees of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Malang
Respectable, all parents, all graduates, and happy audiences. 
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله رب العالمين، هو الذي علم الإنسان بالقلم والذي قد وهبنا نعما وفيرة حتى قدرنا نحن على الحضور في هذه المناسبة الغالية أي حفلة التخريج سنة 2016 (ألفين وستة عشر) يوم السبت، اثنين وعشرين من أكتوبر سنة 2016 (ألفين وستة عشر). الصلاة والسلام على سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم الذي بلغ الرسالة ونصح الأمة وجاهد في الله حق جهاده.
اسمحوا لي كوفد الخريجين هذا اليوم أن أهديَ جزيل الشكر إلى سعادة مدير جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج، الأستاذ الدكتور الحاج موجيا راهارجو الماجستير وجميعِ عميد الكليات والمحاضرين والموظفين في جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج الذين قد أرشدونا وساعدُونا طوال التعلم والتعليم في هذه الجامعة المحبوبة. قد زوَّدَت الجامعة زادَ العلم والخبرات لدُنيانا وأُخرانا متكاملا. ونهدى جزيل الشكر إلى الوالدين اللذين يعطيانا المودة والرحمة ويربِّيَانا بأحسن التربية حتى قدرنا نحن على الوصول إلى هذه الدرجة.
Perkenankanlah saya selaku wakil wisudawan wisudawati untuk menyampaikan terimakasih kepada rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si., beserta jajarannya, para dekan, wakil dekan, segenap ketua jurusan, seluruh dosen dan karyawan di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk belajar di kampus ini, yang telah mengarahkan, membimbing dan membantu melancarkan studi kami di kampus ini.
Terimakasih juga saya sampaikan kepada seluruh orang tua/wali yang telah mencurahkan kasih sayang tiada terkira, senantiasa memotivasi dan mendidik kami dengan sebaik-baiknya. Semoga segala amal kebaikan orang tua/wali sekalian diterima oleh Allah SWT.
Izinkan pula, saya mengucapkan mohon maaf kepada rektor beserta jajarannya, para dekan fakultas, wakil dekan, ketua jurusan, segenap dosen dan karyawan di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bilamana selama kami mengenyam pendidikan di kampus ini ada hal-hal yang kurang berkenan.

All happy graduates,
We have passed learning process in this campus with all of our happiness and sorrow until we can stand in this place. Today, our moral responsibility is increasing with our academic title behind our names. Our responsibility as university students maybe finished, but our responsibility with all of our knowledges and experiences is just begin. People are waiting our real contribution. So, let’s use our knowledges to modernize our society, religion and nation.
Wisudawan/wisudawati dan hadirin yang berbahagia,
Untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat kita tidak hanya mengandalkan nilai yang tertulis di ijazah, tetapi sungguh lebih dari itu. Berbagai keterampilan lain yang menunjang sudah seharusnya kita kuasai dan miliki selama kita mengenyam pendidikan di kampus ini. Keterampilan tersebut kita dapatkan tidak hanya dari ruang kuliah tetapi juga interaksi kita dengan berbagai elemen di kampus dan keikutsertaan kita dalam berbagai kegiatan yang mencerminkan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Saya berharap para wisudawan/wisudawati tidak segan-segan untuk membagi ilmu dan keterampilan yang dimiliki kepada orang lain. Karena sesungguhnya dengan membagi pengetahuan itu pemahaman kita akan semakin bertambah.

Wisudawan/wisudawati dan hadirin yang berbahagia,
Persaingan pasca lulus dari kampus adalah persaingan dunia global. Kita tidak hanya bersaing dengan lulusan dari kampus dalam negeri, tetapi juga harus mampu berkompetisi secara sehat dengan lulusan dari kampus berbagai negara di seluruh dunia. Oleh karena ketatnya persaingan tersebut, maka kita masing-masing harus memiliki pembeda daripada yang lain, karena dengan pembeda itu kita akan lebih mudah dikenali. Hal ini senada dengan sebuah pepatah خالف تعرف yang artinya berbedalah, maka kau akan dikenal. Berbeda disini tentunya dalam hal kebaikan.// Hidup pasca kampus akan sangat berbeda. Kita akan banyak belajar tentang hidup. Ketika kuliah, kita belajar untuk diuji, tetapi dalam hidup kita diuji untuk belajar.// Bekal ilmu pengetahuan sesuai bidang kita masing-masing dan spiritual yang telah diberikan oleh kampus ini sudah sepantasnya menjadi ciri khas lulusan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dibandingkan lulusan kampus lainnya. Keduanya merupakan perpaduan sempurna yang saling melengkapi satu sama lain sebagaimana kata Albert Einstein "SCIENCE WITHOUT RELIGION IS LAME, RELIGION WITHOUT SCIENCE IS BLIND” (Ilmu tanpa agama adalah lumpuh, agama tanpa ilmu berarti buta).// Selamat merealisasikan mimpi yang telah lama terajut, semoga semua mimpi kita menjadi kenyataan. Semoga kita menjadi lulusan yang senantiasa mewarisi empat pilar kampus ini yaitu kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional. Semoga segala ilmu yang kita dapatkan bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama.// Saya ingin mengutip pesan Anies Baswedan, Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar, dan Menengah Republik Indonesia periode 2014-2016, “Indeks Prestasi yang tinggi akan mengantarkan Anda pada panggilan wawancara, titik. Tetapi kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan analitik akan mengantarkan Anda pada masa depan”. Terakhir saya kutip sebuah syair dalam kitab ta’liimul muta’allim karangan Syekh Az-Zarnuji  
لِكُلٍّ إِلَى شَأْوِ الْعُلَى حَرَكَاتٌ # وَلَكِنْ عَزِيْزٌ فِيْ الرِّجَالِ ثَبَاتٌ

Segala sesuatu tentu ditargetkan pada tingkat tertinggi # tetapi jarang orang yang mampu bertahan dalam mencapainya.” Akhir kata, saya memohon maaf bila ada kata-kata saya yang kurang berkenan. Akhirul kalam. Billahit Taufiq Wal Hidayah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.  

Untuk download pidato ini dalam bentuk pdf klik disini

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email