Jangan Sia-siakan Masa Mudamu


            Pernahkah kau berpikir tentang apa saja yang telah kau lakukan sampai hari ini? Kemana saja kau habiskan masa mudamu? Apa saja yang sudah kau lakukan sampai saat ini?

            Mari merenung sejenak kawan. Ada banyak orang menyia-nyiakan masa mudanya dengan bergonta-ganti pasangan. Ada di antara mereka yang bahkan dengan senang hati melakukannya. Mereka tidak sadar telah diseret menuju lembah kehancuran. Sedang di lain pihak ada yang menggebu-gebu mewujudkan impiannya. Bersungguh-sungguh belajar demi membahagiakan orang tua dan orang-orang yang mereka sayangi. Termasuk kelompok manakah kalian?
            Jika kalian masih berada di kelompok pertama, maka mari mulai hari ini berniatlah untuk mengubah menuju arah yang lebih baik. Tuhan menggambarkan masa muda sebagai masa yang penuh dengan kekuatan. Masa muda berada di antara dua masa yang diumpamakan sebagai masa yang penuh dengan ketidakberdayaan. Maka, sepatutnya sebagai hambaNya yang beriman, hendaknya menggunakan masa muda untuk hal-hal positif dan bermanfaat. Namun, bila kalian sudah berada pada posisi kedua, bersyukurlah. Kalian harus senantiasa ingat bahwa konsistensi kalian di jalan kebenaran dan penuh hawa positif kapan pun dan dimana pun harus selalu kalian jaga. Bagaimana pun kejadian yang menimpa kalian, hadapilah dengan penuh pikiran positif.
            Coba tengok kisah-kisah inspiratif sahabat Nabi Muhammad yang begitu bersemangat di masa mudanya. Mereka telah menghafal Al-Qur’an, ikut berperang, bahkan menjadi penglima perang. Lalu, apa yang telah kita lakukan untuk masa muda kalian? Sudahkah kalian mencoba sedikit membanggakan orang tua kalian? Sudahkah kalian belajar dengan serius untuk meraih impian-impian yang tertempel di dinding-dinding kamar kalian?
            Tidak ada kata terlambat. Lebih baik terlambat melakukan perubahan daripada tidak sama sekali. Semoga perubahan-perubahan setelah hari ini semakin mengukuhkan posisi kalian sebagai seorang pemakmur muka bumiNya.

M. Amin | 16 Mar 2017 
Muhammad Amin
Magister Pendidikan Bahasa Arab, pemerhati pendidikan dan bahasa. Pengasuh di Mahad Al Qalam MAN 2 Kota Malang

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email